Dikbud Kabupaten Morowali Gelar Finalisasi Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah

Dikbud Kabupaten Morowali Gelar Finalisasi Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah

MOROWALI - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Morowali menggelar Finalisasi Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) sebagai Implementasi dari UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, Bertempat di Ruang Aula Kantor Bupati Morowali, Sabtu (27/03/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Bambang Soerojo, Kepala Dinas Dikbud Kab. Morowali Amir Aminudin S.Pd, M.Pd, Sekretaris Dikbud Kab. Morowali, Ketua Komisi I DPRD Kab. Morowali Subhan Mattorang, Dirjen Kebudayaan Kementerian Kebudayaan pendidikan dan Kebudayaan, Kabid Kebudayaan Prov. Sulteng, Koordinator Program, Evalusasi, dan PPKD Prov. Sulteng Yenny Lasmawati, Kabid Kebudayaan Kab. Morowali Nursia Hafid, S.H, M.H,  ASN Lingkup Pemkab Morowali, Para Tokoh Adat, Para Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat se-Kabupaten Morowali.

Bupati Morowali diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Bambang Soerojo dalam sambutannya menjelaskan pada UU Nomor 5 Tahun 2017 secara tegas disebutkan bahwa salah satu pedoman kemajuan nasional adalah pada pokok Pikiran kebudayaan daerah kabupaten/kota.

“ Hal tersebut dimaksudkan agar setiap pokok pikiran kebudayaan nasional yang dirumuskan dapat mewakili aspirasi budaya tiap-tiap daerah. Dalam upaya merumuskan daerah ini selain dimaksudkan untuk melestarikan budaya lokal daerah, juga harus dihajatkan untuk mengantisipasi dampak dari semakin gencarnya arus globalisasi”. Tegasnya.

Ia berharap agar penyelenggaraan kegiatan tersebut dapat meningkatkan semangat dan motivasi para pelaku budaya dan seni di Kabupaten Morowali, yang selanjutnya akan berdampak kepada arah dan kebijakan pembangunan di Kabupaten Morowali yang semakin baik.

Sementara itu, Koordinator Program, Evalusasi, dan PPKD Provinsi Sulteng Yenny Lasmawati, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kebudayaan yang dimaksud dalam undang-undang bertujuan meningkatkan ketahanan budaya dan kontribusi budaya Indonesia. Proses pemajuan tersebut dilakukan melalui pelindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan nasional Indonesia.

Ia berharap agar stakeholder terkait agar dapat bersinergi dalam membangun pemajuan kebudayaan di Indonesia khusunya Kabupaten Morowali. “ Saya berharap kepada Disporapar dan Kominfo dapat bekerjasama bersama dinas kebudayaan dalam mempromosikan dan menggali kebudayan serta ekonomi kreatif untuk dijadikan sasaran pengembangan pariwista”. Pungkasnya.

Sementara itu Ketua Komisi I DPRD Kab. Morowali berharap bahwa kegiatan-kegiatan Dinas berikutnya agar dapat melibatkan Komisi I DPRD sebagai mitra kerja untuk menghadirinya, sehingga nantinya jika hasil tersebut berhubungan dengan perencanaan dan penganggaran, maka Komisi I akan berupaya membantu meyakinkan Lembaga DPRD bahwa program dan kegiatan ini penting untuk dilaksanakan.

“ Ada beberapa hal untuk dimasukan dalam rekomendasi dalam finalisasi ini diantaranya, membuat Film dokumenter terkakit 11 obyek pemajun kebudayaan di Kabupaten Morowali, dan demi kelestarian kebudayaan tetap terjaga maka dibutukan adanya pembangunan Museum Kabupaten”. Pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kabupaten Morowali Amir Aminudin, S.Pd, M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa pokok pikiran kebudayaan Daerah Kabupaten Morowali menjadi salah satu bahan dasar finaslisasi pokok pikiran kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah yang selanjutnya secara berjenjang akan menjadi bahan penyusunan strategi kebudayaan.

“ Penyusunan pokok pikiran kebudayaan pikiran ini  merupakan tindaklanjut dari UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang pemajuan Kebudayaan. Yang mana undang-undang tersebut mengamanahkan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota “ Pemkab Morowali saat ini mulai bekerja dalam hal dimulai dengan membentuk tim. Selanjutnya tim ini akan bekerja menghimpun segala potensi untuk menghasilkan pokok pikiran kebudayaan daerah Morowali”. Pungkasnya. (supriyono).

Morowali
supriyono

supriyono

Previous Article

Pemda Morowali Gelar Isra Mi'raj Nabi Mohammad...

Next Article

Ketua FKUB Morowali Kutuk Keras Bom Buduh...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 216

Postingan Tahun ini: 216

Registered: Apr 8, 2021

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 206

Postingan Tahun ini: 206

Registered: May 25, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 140

Postingan Tahun ini: 140

Registered: Aug 19, 2021

Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Postingan Bulan ini: 122

Postingan Tahun ini: 122

Registered: Jul 10, 2020

Profle

Nanang suryana saputra

Ramah Tamah Dengan Menteri BUMM, Bupati Simalungun Sampaikan Rencana Kerjasama Kelola Aset PTPN II dan III di Kota Turis Parapat
Polresta Banyuwangi Gelar Olah TKP di Heroes Cafe Pasca Penggerebekan Tarian Striptis
Kasdim 0712/Tegal Dampingi Bupati Tegal Lounching Vaksinasi Anak Usia 6 sampai 11 tahun di Wilayah Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal
Polda Jatim dan Polres Lumajang Gelar Perpanjangan SIM Gratis bagi Korban Terdampak Erupsi Semeru

Follow Us

Recommended Posts

4 Keuntungan Menggunakan Sistem dan Aplikasi ERP untuk Perusahaan
Pemilu 2024 Diundur? Ini Komentar Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas
Mendes PDTT: Kestabilan Harga Pangan Percepat Pencapaian Tujuan Pembangunan Sustainable Development Goals (SDGs)
Menkominfo Adopsi Teknologi Dorong Tingkatkan Keterampilan Digital
Ditjen IKP dan Biro Humas Kementerian Kominfo Gelar Bimtek Penulisan Siaran Pers