Peringati Hari Dharma Samudera, Danlanal Palu Pimpin Upacara Ziarah di Taman Makam Pahlawan

Peringati Hari Dharma Samudera, Danlanal Palu Pimpin Upacara Ziarah di Taman Makam Pahlawan
Tampak Danlanal Palu beserta Jajarannya Tabur Bunga di TMP

MOROWALI, Sulawesi Tengah - "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya" Demikian kalimat bijak yang disampaikan Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno.

Pemerintah Republik Indonesia dalam memberikan penghargaan dan penghormatan tersebut di tuangkan dalam berbagai cara, seperti pemberian gelar Pahlawan Nasional, nama Pahlawan digunakan sebagai nama Jalan,  nama Kapal-kapal Perang RI, pembuatan museum, hingga ditulis dalam buku-buku sejarah

Tidah hanya demikian, setiap memperingati momen bersejarah, tidak ketinggalan di dipanjatkan doa kepada para pahlawan yang rela  mengorbankan jiwa dan raga untuk kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Sebagaimana yang dilaksanakan oleh Pangkalan TNI AL Palu, dipimpin langsung Komandan Lanal (Danlanal) Palu Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting, M. Tr. Hanla beserta Perwira Staf, Prajurit dan PNS Lanal Palu melaksanakan Ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Palu, dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2022, Jumat pagi (14/01/2022). 

2022 pukul 08.00Wita di Taman Makan Pahlawan (TMP) Palu. Komandan Lanal Palu Kolonel marinir Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting, M. Tr. Hanla beserta Perwira Staf, Prajurit dan PNS Lanal Palu melaksanakan Ziarah dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2022. 

Sekilas balik Hari Dharma Samudera,  merupakan peringatan bersejarah khususnya TNI Angkatan Laut Indonesia mengenang Pertempuran Patriotik tiga Kapal Perang RI dibawah komando Yos Sudarso di Laut Aru saat perebutan Irian Barat. Dengan persenjataan yang tidak seimbang pada saat itu, Ketiga Kapal Perang RI tertembak oleh Kapal Perang Belanda dan tenggelam, Komodor Yos Sudarso, juga seluruh ABK pun ikut Gugur Sebagai Pahlawan Kusuma Bangsa.

Kembali ke TMP Tatura Palu, Upacara yang di laksanakan Pangkalan TNI AL Palu dengan inspektur upacara Komandan Lanal Palu dihadiri juga oleh Ketua Jalasenastri Cabang 4 Koorcab VI DJA II Ny. Christy Normawati Ginting dan pengurus Jalasenastri Cabang 4 Koorcab VI DJA II Lanal Palu. 

Upacara di TMP Tatura Palu oleh Pangkalan TNI AL Palu dalam rangka Hari Dharma Samudera tahun 2022 berlangsung khidmad. Selain penghormatan militer kepada Arwah Pahlawan juga dipanjatkan doa saat mengheningkan cipta didalam rangkaian Upacara.

Menjelang akhir kegiatan rangkaian upacara, dilaksanakan leletakan Karangan Bunga oleh Komandan Pangkalan TNI AL Palu di Monumen TMP Tatura Palu dan dilanjutkan tabur bunga ke pusara pahlawan di TMP Tatura Palu.

Usai pelaksanaan kegiatan upacara, Komandan Lanal Palu beserta Seluruh Prajurit, PNS, dan Jalasenastri yang hadir melaksanakan foto bersama. 

Masih dalam rangkaian memperingati Hari Dharma Samudera yang jatuh pada hari Sabtu 15 Januari 2022, akan dilaksanakan Upacara Tabur Bunga Dilaut. Direncanakan akan hadir sebagai Undangan Gubernur Sulteng, Danrem 132/Tadulako, Kapolda Sulteng dan Pejabat Forkopimda Sulawesi Tengah yang akan dilaksanakan di Dermaga Mako Pangkalan TNI AL Palu. Selanjutnya pelaksanaan Upacara Tabur Bunga di Laut  menggunakan Kal Talise dengan Berlayar di Teluk Palu.

(PATAR JS/Pen Lanal Palu)

Sulawesi Tengah
Patar Jup Jun

Patar Jup Jun

Previous Article

RSUD Morowali Segera Resmikan Rumah Singgah...

Next Article

Sah, Bambang Sumantri Nahkoda PWI Kabupaten...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 216

Postingan Tahun ini: 216

Registered: Apr 8, 2021

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 206

Postingan Tahun ini: 206

Registered: May 25, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 140

Postingan Tahun ini: 140

Registered: Aug 19, 2021

Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Postingan Bulan ini: 122

Postingan Tahun ini: 122

Registered: Jul 10, 2020

Profle

Nanang suryana saputra

Ramah Tamah Dengan Menteri BUMM, Bupati Simalungun Sampaikan Rencana Kerjasama Kelola Aset PTPN II dan III di Kota Turis Parapat
Polresta Banyuwangi Gelar Olah TKP di Heroes Cafe Pasca Penggerebekan Tarian Striptis
Kasdim 0712/Tegal Dampingi Bupati Tegal Lounching Vaksinasi Anak Usia 6 sampai 11 tahun di Wilayah Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal
Polda Jatim dan Polres Lumajang Gelar Perpanjangan SIM Gratis bagi Korban Terdampak Erupsi Semeru

Follow Us

Recommended Posts

4 Keuntungan Menggunakan Sistem dan Aplikasi ERP untuk Perusahaan
Pemilu 2024 Diundur? Ini Komentar Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas
Mendes PDTT: Kestabilan Harga Pangan Percepat Pencapaian Tujuan Pembangunan Sustainable Development Goals (SDGs)
Menkominfo Adopsi Teknologi Dorong Tingkatkan Keterampilan Digital
Ditjen IKP dan Biro Humas Kementerian Kominfo Gelar Bimtek Penulisan Siaran Pers